Minggu, 07 Desember 2014

Mengapa laron sering muncul menjelang musim hujan?

Mengapa laron sering muncul menjelang/pada saat musim hujan dan munculnya mengitari lampu-lampu terang?

Seperti yang kita tahu bahwa rayap adalah insecta yang memiliki organisasi kehidupan raja dan ratu dalam setiap koloni. Raja dan ratu rayap adalah rayap yang memiliki alat reproduksi yang fertil artinya telurnya dapat dibuahi untuk dapat meneruskan perkembangbiakannya. Sedangkan rayap yang bukan raja dan ratu yaitu rayap pekerja atau rayap yang steril artinya dia tidak dapat dibuahi dan hanya dapat bekerja dan bekerja untuk raja dan ratunya.
Nah, apa hubungannya rayap dengan laron? (Baik-baik saja..(: )
Laron adalah raja dan ratu rayap yang memiliki sayap. Darimana mereka dapat bersayap? Tentunya itu kuasa Allaah.
Pada saat masa kawin yaitu menjelang musim hujan, raja dan ratu rayap memunculkan sayapnya sendiri. Kemudian pergi ke tempat yang lebih hangat untuk dapat kawin dengan pasangannya. Tentunya lampu-lampu terang memiliki suhu yang lebih tinggi yang disukai raja dan ratu rayap untuk kawin. (Beda banget ya sama manusia, manusia kawin ditempat gelap :d)
Setelah selesai kawin raja dan ratu rayap sayapnya akan lepas dengan sendirinya. Kemudian raja rayap (si jantan) akan mati, dan ratu rayap (si betina) akan menghidupkan dan merawat telur-telurnya (kasian banget deh langsung jadi janda).
Nah seperti itulah fenomena alam yang terjadi yang disertai alasannya. Sekarang, mengapa orang-orang biasanya suka menyimpan air (didalam baskom tentunya) dibawah lampu yang terdapat banyak laron/rayap?

Alasannya karena air dapat memantulkan cahaya sehingga laron/rayap akan tercebak dalam air itu yang mereka kira adalah lampu (juga). Seperti itu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar