Kamis, 08 Januari 2015

Apakah bahaya melakukan sesuatu dengan tiba-tiba terhadap tubuh kita?

Apakah bahaya melakukan sesuatu dengan tiba-tiba terhadap tubuh kita?

Bagaimana rasanya ketika anda baru bangun jam 7 lalu diberi tahu rekan anda untuk masuk kuliah/kerja pada jam 07.10?
Tentunya akan merasa panik dan terburu-buru dalam melakukan persiapan kuliah/kerja.
Hal ini pun terjadi pada tubuh kita bila kita melakukannya secara tiba-tiba dan bukan merupakan hal yang menjadi kebiasaan.
Misalnya anda tidak terbiasa untuk sarapan pagi, kemudian di suatu pagi anda merasa lapar dan ingin sarapan, tetapi takut barangkali terjadi apa-apa pada tubuh. Bahayakah?
Sebenarnya semua tergantung pada kondisi tubuh masing-masing.
Akan tetapi pada umumnya tubuh memerlukan persiapan untuk melakukan pekerjaan seperti misalnya mencerna makanan. Nah untuk dapat sarapan tanpa terjadi masalah pada tubuh dapat dilakukan persiapan dengan makanan pembuka. Biasanya makanan pembuka adalah makanan yang manis. Nah makanan manis ini sangat berpengaruh. Karena glukosa yang terdapat dalam makanan manis dapat mengaktifkan enzim pencernaan sehingga tubuh akan lebih siap untuk melakukan pekerjaan (mencerna makanan).
Itulah sebabnya mengapa Rasulullah menganjurkan kepada kita untuk berbuka puasa dengan memakan 3 buah kurma. Yang kita tahu bahwa kurma itu sangat manis. Nah kurma ini dapat mengaktifkan enzim pencernaan sehingga ketika kita makan tubuh akan merasa lebih siap.
Lantas bila ketika pagi tidak terdapat makanan manis apa yang harus dilakukan?
Kita dapat melakukan persiapan untuk tubuh kita menggunakan minuman manis yang ringan seperti misalnya susu yang ditambahkan sedikit gula atau teh manis hangat. Minuman itu sangat bermanfaat bila dikonsumsi pagi hari.
Bagi penderita diabetes (seperti saya) tidak boleh takut untuk mengonsumsi gula. Karena pada dasarnya gula diperlukan tubuh selain untuk mengaktifkan enzim pencernaan juga untuk menambah kalori untuk penghasil tenaga tubuh.


Jadi, jika ingin tidak terjadi masalah pada tubuh ketika melakukan sarapan dengan tiba-tiba dapat dilakukan dengan memakan sesuatu yg manis untuk mengaktifkan enzim pencernaan sehingga proses pencernaan terjadi sempurna (sebenarnya melihat saya juga sudah cukup untuk mengaktifkan enzim pencernaan hehe (:  ....). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar